Rabu, 12 September 2012

Panduan Beternak Ayam Broiler

Prinsip dari usaha budidaya broiler adalah bagaimana menghasilkan setiap kilogram daging dengan biaya seefisien mungkin. Karena hampir 70% biaya produksi ditentukan oleh biaya pakan, maka konsentrasi terhadap pemakaian pakan merupakan kunci utama keberhasilan budidaya broiler.

Prinsip-prinsip sederhana tentang efisiensi pakan:

1.    “Banyak pakan, banyak daging”
Prinsip ini adalah bagaimana kita membuat ayam menjadi banyak makan, karena jika konsumsi pakan tinggi pertumbuhan lebih cepat dan daging yang dihasilkan lebih banyak.

2.    “Bobot masuk, umur maju”
Jika ayam memiliki pertumbuhan yang baik maka pemakaian pakan bisa lebih hemat. Sebagai contoh: Berat 1,8 kg standart dicapai pada umur 35 hari. Jika pertumbuhan lebih baik, berat tersebut dapat dicapai pada umur 33 hari dan pakan bisa dihemat selama dua hari.   Misal populasi ayam 5.000 ekor dan pada umur tersebut per hari rata-rata menghabiskan 17 sak pakan, maka jumlah pakan yang bisa dihemat adalah 34 sak. Jika harga pakan Rp 212.500 per sak, total biaya pakan yang bisa dihemat adalah Rp 7.225.000.

 selengkapnya klik disini



sumber : http://dokterternak.com/2012/07/09/panduan-pemeliharaan-ayam-broiler-ayam-broilerlengkap-dan-sederhanawww-dokterternak-com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar